Doa Melunasi Hutang

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيم


https://www.muhammadhabibi.com/2019/02/doa-melunasi-hutang.html

Di dunia ini pasti ada orang yang terlilit hutang yang selalu dibuat pusing ketika jatuh tempo atau waktunya untuk membayarnya. Ternyata di zaman Nabi Muhammad SAW  pun ada juga orang yang terlilit hutang, salah satunya Abu Umamah. Dalam sebuah riwayat diceritakan oleh Sayyidina Abu Said al-Khudri ra:

“Suatu hari Rasulullah memasuki masjid. Beliau menemukan seorang sahabat dari kaum Anshar bernama Abu Umamah. Kemudian Rasulullah berkata: ‘Wahai Abu Umamah, kenapa kulihat kau berada di masjid di luar waktu shalat?’ Abu Umamah ra menjawab: ‘Kesusahan dan hutang melilitku ya Rasulullah.’ Rasulullah berkata: ‘Maukah kuajarkan kepadamu sebuah kalam (doa) jika kau membacanya, Allah SWT akan menghilangkan kesusahanmu dan melunasi hutangmu?’ Abu Umamah menjawab: ‘Tentu ya Rasulullah.’ Rasulullah berkata: ‘Katakanlah (bacalah) di waktu pagimu dan waktu soremu (doa ini):

“Ya Allah, Sesungguhnya diriku berlindung kepadaMu dari kesusahan dan kesedihan. 
Aku berlindung kepadaMu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepadaMu dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepadaMu dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

“Abu Umamah berkata: ‘Setelah melaksanakan doa tersebut, Allah SWT menghilangkan kesusahanku dan melunasi hutangku.” (H.R. Imam Abu Dawud)

Di riwayat yang lain, Nabi Muhammad Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa lain kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, cukupkanlah diriku dengan (harta) yang Kau halalkan, bukan yang Kau haramkan, dan perkayalah diriku dengan kemurahanMu, bukan kemurahan selain (dari) diriMu.” (H.R. Imam Tirmidzi)

*Fiqih

Post a Comment

0 Comments