Anekdot Sufi: Saling Tergoda

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيمِ
https://www.muhammadhabibi.com/2019/01/saling-tergoda.html
"PETA" Persulukan Tulung Agung

Dua orang teman saling bertemu saat berpapasan. Masing-masing dari mereka bertanya akan pergi ke mana.

Salah satunya berkata, “Untuk menemui seorang wanita,” dan satunya lagi berkata, “Untuk menghadiri pengajian agama.”
Teman yang hendak ke pengajian bertanya, “Mengapa engkau pergi melihat wanita itu. Datanglah ke pengajian. Di sana akan ada ceramah, nyanyian keagamaan, cerita-cerita hikmah, dan masih banyak lagi.”

Yang lain pun menjawab, “Engkaulah harus ikut denganku. Aku akan dapat mengenalkanmu dengan saudara perempuannya. Dia sangatlah cantik.”
Mereka berdua menjelaskan arah dan tujuan mereka masing-masing, namun pada akhirnya mereka pun saling mengajak satu sama lainnya. Namun, keduanya tetap memutuskan melanjutkan perjalanannya masing-masing.

Teman yang sedang pergi ke pengajian, sepanjang acara pengajian pikirannya sibuk membayangkan betapa senangnya temannya saat ini, bercengkrama dengan wanita cantik di sana. Andai saja dia ikut dengannya, dia pun akan merasakan kesenangan yang sama. Serta dia menyesali keputusannya menghadiri pengajian agama.
Sedangkan teman satunya yang sedang bersama wanitanya, dia sibuk memikirkan betapa bahagianya temannya saat ini, melakukan perbuatan baik dan mendapatkan limpahan pahala. Dan dia pun menyesal tidak ikut bersamanya.

Renungan diri | Muhasabah Jiwa

Post a Comment

0 Comments