Istiqomah

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيمِ


https://www.muhammadhabibi.com/2019/01/istiqomah.html

Pakar Tasawuf KH M. Luqman Hakim memaparkan kiat-kiat menjadi seorang Muslim yang berhasrat untuk konsisten atau istiqamah berbuat baik dan beribadah kepada Allah. Karena istiqamah merupakan fondasi kokoh umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

KH Luqman Hakim menegaskan, sudah seharusnya umat Islam menjadikan istiqamah adalah sebuah anugerah dan cinta Allah yang diberikan kepada hambanya. Di sini harus ada ikhtiar sungguh-sungguh dari seorang hamba untuk selalu menjaga keistiqamahan.

“Jadikan istiqamah sebagai anugerah dan cinta,” kata KH Luqman Hakim dikutip NU Online melalui akun twitter pribadinya @KHMLuqman.

Secara rinci dan keseluruhan, Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, Jawa Barat itu memaparkan lima kiat menjadi Muslim istiqamah, sebagai berikut:

1. Jadikan istiqamah sebagai anugerah dan cinta
2. Berdoa agar diberi keistiqamahan
3. Jangan terbayang karomah (keistimewaan, kemuliaan)
4. Bersyukur karena ditakdirkan istiqamah
5. Malas itu musuh anda dan sahabat nafsu anda

Lebih jauh, KH Luqman Hakim menjelaskan, segala sesuatu harus melalui perjuangan (mujahadah) agar yang disebut sebagai kewajiban seorang Muslim, berubah menjadi hak (milik) seorang Muslim itu sendiri.

Dulu, sambungnya, shalat menjadi kewajiban, saat ini harus berubah jadi hak seorang Muslim. Berbuat baik dulu sebagai kewajiban, sekarang harus jadi hak seorang Muslim.

“Tanpa demikian, anda akan terasa gersang,” tegas KH Luqman Hakim. 

Sumber : Jakarta, NU Online

Post a Comment

0 Comments