Manfaat Air Wudhu Bagi Kesehatan

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيمِ
https://www.muhammadhabibi.com/2018/12/manfaat-air-wudhu-bagi-kesehatan.html

Wahai sahabat yang semoga kita senantiasa dalam rahmat Allah,  pada setiap harinya kita yang sebagai umat islam tentunya sudah sangat sering dengan kegiatan / aktifitas yang namanya berwudhu. Setiap kali kita hendak melaksanakan shalat ataupun setiap  kita hendak membaca kitab suci Alquran, maka tentunya kita terlebih dahulu di wajibkan untuk berwudhu supaya suci dari kotoran sebagai mana yang telah di ajarkan Rasulullah SAW dan merupakan perintah dari Allah SWT didalam Alquran.

Dalam firmanNya Allah SWT menyampaikan:
“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu ingin mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan taganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Dalam hadits Rasulallah SAW bersabda:
Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim serta Imam At-Tirmidzi. Telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, bahwa dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya diriku diperintahkan untuk berwudhu apabila ingin mengerjakan shalat.”

Pada hadits yang lain dari Abu HurairahRA, ia berkata: Rasulallah SAW bersabda :
“Tidaklah diterima shalat salah seorang dari kalian apabila dia berhadas, hingga dia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Wudhu merupakan ritual suci yang selalu dikerjakan oleh umat Islam, untuk mengerjakan shalat ataupun ibadah suci yang lainnya. Namun haruslah kita ketahui bahwasanya melakukan wudhu terlebih dahulu adalah merupakan salah satu kebiasaan ataupun perbuatan Rasulallah SAW. Yang artinya mengerjakan wudhu dapat dilakukan pada waktu kapan saja dan tidak hanya saat untuk mengerjakan shalat. Seperti contoh wudhu dapat kita kerjakan sebelum tidur, ketika kita hendak melakukan perjalanan, bahkan dalam keadaan marah kita pun di anjurkan berwudhu.

Ternyata apa yang telah disunnahkan oleh Baginda Rasulullah SAW yang diperintahkan dari Allah SWT benar-benar sangat memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Dari hasil penelitian medis pada masa kini,  sungguh banyak sekali rahasia dan manfaat yang terkandung dalam air wudhu begitupun aktifitas berwudhu bagi kesehatan tubuh.

MANFAAT AIR WUDHU BAGI KESEHATAN TUBUH 

1. Wudhu dapat membersihkan Tangan. Pada dasarnya kuman yang berada di sekeliling kita walaupun tanpa kita sadari seringlah menempel pada tangan kita. Karena dengan banyaknya aktifitas yang kita senantiasa lakukan dalam sehari-hari. Oleh karena itu dengan seringnya kita mengerjakan wudhu berarti dengan selalunya kita mencuci tangan akan menjaga kita dari kuman yang berbahaya bagi kesehatan kita.

2. Wudhu Dapat Mengurangi Sakit Kepala. Pada dasarnya sakit kepala yang senantiasa kita alami itu di karenakan oleh stress atau tekanan pikiran ataupun karena terik panas matahari. Oleh karena itu dengan membasuh sebagian dri kepala saat mengerjakan wudhu merupakan sebuah terapi untuk memberikan rasa segar pada otak. Dan dengan proses pembasuhan pada kepala saat melakukan wudhu akan banyak memberi manfaat bagi kesehatan kepala kita.

3. Wudhu bisa Mencegah sakit gigi dan gusi. Saat kita melakukan wudhu kita akan berkumur yang bisa memberikan banyak manfaat untuk membuang segala kotoran dan kuman yang ada di mulut yang bisa menyebabkan penyakit gigi dan gusi didalam mulut kita. Dengan melakukan berkumur saat berwudhu bisa membersihkan sisa-sisa kuman yang ada didalam mulut karena air kumur-kumur dapat menembus sela-sela gigi dan gusi kita yang mana tidak dapat dijangkau pada saat kita sikat gigi.

4. Wudhu bisa Terhindar dari berbagai penyakit kulit. Pada dasarnya proses dalam berwudhu terdiri dari yaitu mencuci sebagian besar anggota tubuh seperti halnya wajah, serta kedua tangan dan kedua kaki, dan sela-sela kedua kuping. Dan dengan seringnya melakukan aktifitas wudhu akan menjaga kebersihan kulit.

5. Wudhu bisa Menjaga kesehatan hidung. Pada umumnya hidung kita banyak terdapat kotoran, dengan segala Kekuasaan Allah di dalam hidung kita di ciptakan bulu untuk menyaring kotoran yang masuk ketika kita sedang bernapas, supaya kotoran tersebuyt tidak masuk ke dalam paru paru kita. Saat kita berwudhu dengan mencuci hidung bisa berati membuang kotoran yang menempel di hidung kita, sehingga hidung kita pun akan tetap sehat dan terjaga dari berbagai kotoran.

6. Wudhu bisa Mencerahkan mata kita. Pada saat kita membasuh wajah dalam berwudhu, sudah pasti tentunya mata kita pun juga akan terkena air saat berwudhu, ini merupakan salah satu hal yang sangat baik bagi kesehatan mata karena air yang masuk ke dalam mata akan membuat mata kita menjadi rileks dan segar, sehingga mata kita pun terjaga kesehatannya.

7. Wudhu juga dapat Menyembuhkan insomnia. Bila kita sulit mengalami susah tidur walupun menurut kesehatan, jika kita tidur terlalu malam, mampu merusak organ kita dan mengganggu kesehatan secara otomatis. Maka oleh sebab itu kebiasaan insomnia memang sebaiknya di hidari. Bagaimana caranya? Cukup ambilah air wudhu sebelum kita hendak tidur.

8. Wudhu juga dapat Menormalkan detak jantung. Salah satu dari kegiatan seringnya berwudhu yaitu sangat memiliki banyak khasiat yang sangt baik ketika kita membasahi sebagian anggota tubuh ke air. Hal ini setelah di teliti mampu membuat detak jantung normal dan stabil. Dan untuk hasil ini pun bahkan sudah di teliti oleh seorang Dokter yang bernama Ahmad Syauqy yang sudah expert di bidang penyakit dalam maupun penyakit jantung di kota London, Inggris.

9. Wudhu membuat tubuh kita bebas dari kuman jahat. pada dasarnya kuman yang jahat mampu berkembang dimana saja. Bahkan kuman yang jahat itupun ada di setiap gagang pintu rumah kita, serta di atas sprei, ataupun di tempat ruang tamu rumahkita serta di tempat yang lainnya yang merupakan tempat berkembangnya kuman yang baik. Oleh karena itu, kita haruslah untuk senantiasa dalam keadaan bersih. Apalagi ketika kita hendak tidur. Salah satu solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan mengambil wudhu sebelum tidur. Pada penelitian yang terakhir menyebutkan bahwa dengan mengambil wudhu mampu mengurangi adanya kuman kuman yang hidup dalam tubuh kita.

10. Wudhu bisa Merilekskan otot sebelum tidur. Pada siang hari saat kita beraktivitas , tentunya aktivitas yang sering kita kerjakan sangatlah banyak. Dan oleh sebab itu pula kita perlu berwudhu untuk merilekskan otot. Manfaat dari wudhu sebelum tidur adalah merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk merilekskan otot yang kaku setelah seharian beraktivitas. Bahkan menurut penelitian secara psikologis, bagi seseorang yang telah melakukan wudhu akan membuatnya nampak lebih rileks. Serta bisa membuat badan kita akan terasa segar kembali.

MANFAAT AIR WUDHU SEBELUM TIDUR BAGI JIWA DAN KESEHATAN

Nabi kita yang mulia Baginda Muhammad SAW senantiasa mengambil wudhu sebelum beliau hendak tidur. Sebagaimana beliau pernah bersabda yang diriwayatkan oleh sahabatnya yaitu  al Bara’ bin Azib RA, beliaupun menyampaikan bahwanya Rasulullah SAW pernah bersabda kepada dirinya :
“Apabila dirimu hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah engkau berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim)

Sunnah yang di anjurkan oleh Rasulallah SAW merupakan sebuah kebiasaan yang sangat baik dan sudah pasti tentunya akan memberikan dampak yang baik pula untuk yang melakukannya. Menurut pakar dari ilmu medis, ternyata berwudhu juga sangat baik untuk kesehatan manusia. Penelitian ini dilakukan dari Universitas Alexsandria, yaitu oleh Dr. Musthafa Syahatah, seorang dekan fakultas THT yang menegaskan bahwasa seseorang yang senantiasa melakukan wudhu sebelum tidur akan memiliki kuman lebih sedikit dari pada seseorang yang tidak melakukan wudhu terlebih dahulu.

Inilah manfaat berwudhu sebelum kita hendak tidur bagi seorang muslim yaitu:

• Untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berwudhu adalh merupakan salah satu bentuk ibadah yang tinggi lagi mulia. Sebab dengan kita senantiasa menjaga wudhu berarti menjaga kebersihan diri kita. Sedangkan Allah SWT sangatlah menyayangi dan menyukai kebersihan.

• Di doakan oleh Para Malaikat. Di dalam sebuah hadist yang telah di riwayatkan oleh Ibnu Hibban beliau menyebutkan bahwa seseorang yang berwudhu ketika hendak tidur, ketika bangun dia akan di doakan oleh para Malaikat.

• Ketika mati dalam keadaan wudhu, maka akan di anggap mati syahid. Dalam sebuah kitab yang telah ditulis oleh Syekh Muhammad bin Umar An Nawawi Al Mantany didalam bukunya yang berjudul Tanqih al Qand al Hatsis beliau menyebutkan bahwa seseorang yang senantiasa berwudhu sebelum tidur mendapatkan manfaat. Yakni ketika dia meninggal maka akan dianggap sebagai mati syahid.

Dari Umar bin Harits RA bahwa Baginda Nabi Muhammad SAW bersabda : ”Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu (suci), maka apabila dia mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Alaah SWT”.

Pada dasarnya sebagai seorang muslim kita haruslah banyak melakukan ataupun mengerjakan sesuatu yang telah di ajarkan oleh Baginda Rasulallah SAW karena sudah pasti di dalamnya sangat banyak mengandung manfaat. Walaupun dengan segala manfaat yang ada kita haruslah tetap semata-mata hanya mengaharapkan “RIDHA ALLAH SWT”.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam uraian tentang manfaat air wudhu bagi kesehatan. Semoga kita senantiasa mengerjakan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dan apa yang telah di ajarkan oleh Baginda Rasulallah SAW agar kita termasuk didalam golongan orang-orang yang memperoleh posisi tinggi di sisi Allah SWT. Aamiin.

Dari berbagai sumber
Di tulis ulang oleh: Muhammad Habibi

Post a Comment

0 Comments