Syekh Hasan Al-Bashri

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيمِ
https://www.muhammadhabibi.com/2018/12/hasan-al-bashri.html

Seorang ulama yang terkenal di zamannya Syekh Hasan Al-Bashri dilahirkan di kota Madinah tepatnya pada tahun 21 Hijrah yaitu 642 Masehi. Dia pun pernah juga menyusu dengan Ummu Salamah, salah seorang  isteri Baginda Rasulullah SAW. Pada saat usianya 14 tahun, Syekh Hasan Al-Basri pindah ke kota Basrah, Irak, dan dia sempat menetap di sana. Dan dari sini pulalah Syekh Hasan Al-Bashri mulai dikenal dengan sebutan Hasan Al-Bashri. 

Syekh Hasan Al-Bashri kemudian di golongkan sebagai seorang Tabi'in yaitu generasi setelah sahabat Rasulallah SAW. Dan beliau pun juga pernah berguru kepada beberapa orang sahabat Rasulullah SAW. sehingga Syekh Hasan Al-Bashri muncul sebagai Ulama terkemuka dalam peradaban agama Islam.

Syekh Hasan Al Bashri pernah berguru pada para sahabat Nabi, antara lain yaitu: Utsman bin Affan RA, Abdullah bin Abbas RA, Ali bin Abi Talib RA, Abu Musa Al-Asy'ari RA, Anas bin Malik RA, Jabir bin Abdullah and Abdullah bin Umar RA. Kemudian beliaupun menjadi guru di Basrah, (Iraq) dan mendirikan madrasah di sana. Di antara para pengikut beliau yang terkenal adalah Amr ibn Ubaid RA dan Wasil ibn Atha RA. Syekh Hasan Al Bashri salah seorang fuqaha yang senantiasa berani berkata benar dan selalu menyerukan kepada kebenaran di hadapan para pembesar negeri dan seorang yang sukar diperoleh tolak bandingnya dalam soal ibadah. 

Syekh Hasan Al Bashri menerima hadits dari Abu Bakrah RA, Imran bin Husein RA, Jundub RA, Al Bajali RA, Muawiyah RA, Anas RA, Jabir RA serta meriwayatkan hadits dari beberapa sahabat diantaranya yaitu ‘Ubay bin Ka’ab RA, Saad bin Ubadah RA, Sayyidina Umar bin Khattab RA walaupun beliau tidak bertemu dengan mereka atau tidak mendengar langsung dari mereka. Dan kemudian hadits-haditsnya diriwayatkan oleh Jarir bin Abi Hazim RA, Humail At Thawil RA, Yazid bin Abi Maryam RA, Abu Al Asyhab RA, Sammak bin Harb RA, Atha bin Abi Al Saib RA, Hisyam bin Hasan RA dan lain-lain.

Syekh Hasan al-Basri meninggal dunia di Basrah, Iraq, teaptnya pada hari jum'at 5 Rajab 110 Hijrah (728 Masehi), pada umur 89 tahun.

Syekh Hasan Al Bashri adalah pendukung kuat nilai tradisional dan cara hidup zuhud, karena bagi beliau kehidupan dunia hanyalah perjalanan untuk ke akhirat, dan kesenangan hanya dinafikan untuk mengendalikan nafsu. Syekh Hasan Al Bashri merupakan tokoh sufi yang termasyhur dalam islam .

Dari berbagai sumber
Di tulis ulang oleh : Muhammad Habibi 

Post a Comment

0 Comments