Cara Dan Tips Menulis Puisi


https://www.muhammadhabibi.com/2018/12/cara-dan-tips-menulis-puisi.html
Sebelum kita ingin menulis puisi baiknya kita mengerti makna dari puisi itu sendiri agar kira bisa mneghasilkan puisi yang menarik bagi pembaca. Puisi itu sendiri merupakan pengertian dari sebuah bentuk dari karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penysusun bait serta baris dan bahasanya akan terlihat indah dan penuh makna. Itulah pengertia dari puisi itu sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis puisi yang benar :

1. Tentukan Tema dan Judul Puisi

Yang pertama adalah pilihlah satu tema yang kita yang inginkan untuk acuan dalam menulis sebuah puisi supaya puisi kita jadi lebih menarik. Untuk tema puisi itu sendiri ada banyak sekali. Maka, sebisa mungkin buatlah tema yang benar-benar menarik. Setelah kita memilih tema dalam menulis puisi, langkah berikutnya adalah menentukan judul yang sesuai dengan tema. Contohnya kita bisa menentukan temanya, yaitu tentang kesetiaan.

2. Memilih Kata Kunci Puisi 

Setelah kita membuat tema, langkah-langkah menulis puisi berikutnya adalah memilih kata kunci dan selanjutnya mengembangkan kata tersebut. Jika kamu telah menemukan tema, contohnya tadi tentang kesetiaan, maka langkah selanjutnya adalah menemukan sebuah kata kunci yang berkaitan dengan puisi tersebut. Apabila telah  terasa cukup untuk memulai membuat sebuah puisi, maka kamu tinggal mengembangkannya menjadi sebuah kalimat atau larik puisi itu sendiri. Misalnya untuk satu kata kunci di pakai  untuk satu larik. Ataupun bisa juga, satu kata kunci dikembangkan menjadi satu bait.

3. Memakai Gaya Bahasa

Metode selanjutnya untuk menulis sebuah puisi adalah dengan menggunakan gaya bahasa. Salah satu dari gaya bahasa tersebut adalah dengan menggunakan majas misalnya saja majas perbandingan ataupun majas metafora sebagai gaya bahsa dalam menulis puisi. 

4. Kembangkan Puisi Seindah Mungkin

Langkah berikutnya adalah mengembangkan seluruh cara yang di atas menjadi puisi yang sangat indah. Susunlah kata-kata, larik-larik puisi menjadi bait-bait. Kembangkanlah menjadi sebuah puisi yang komplet dan bermakna. Sebagai penulis puisi kamu harus ingat bahwa menulis puisi bukanlah seperti menulis artikel. Karena setiap tulisan yang kamu buat untuk puisi harus ringkas, padat, sekaligus indah. Kemudian pilihlah kata yang sesuai yang mewakili unsur keindahan sekaligus makna yang padat.

5. Pilihlah Tema yang cocok menurut Anda

Jika memilih tema puisi yang sesuai dengan keinginan anda tentu saja akan membuat anda memudahkan dalam menulis puisi. Ketika ingin menulis dengan keinginan dan cara kita sendiri, cobalah pikirkan kenapa kita memilihnya dan kira-kira siapa saja orang yang akan mendengarkan dan membaca bahkan menonton puisi dengan tema pilihan kita sendiri.

6. Buatlah puisi yang Kreatif

Mengapa jika kita menulis puisi harus kreatif...? alasannya adalah sikap kreatif akan bisa membawa siapapun menjadi lebih maju dibandingkan yang lainnya. Termasuk jika kita lakukan di berbagi hal dalam kehidupan. Begitupun ketika kita ingin membuat sebuah puisi, sikap kreatiflah yang akan membawa kita pada kemudahan dalam berkarya. 

7. Menulis dengan Jati Diri 

Mengapa saya ambil langkah yang berikutnya adalah menulis dengan jati diri, maksudnya adalah selain kita belajar dan membaca karya-karya seorang penulis puisi terkenal baiknya kita mulai belajar menulis puisi dengan gaya dan bahasa kita sendiri agar kiranya membuat sebuah karya yang murni muncul dari hasrat diri sendiri. 
Itulah beberap cara dan langkah dalam menulis puisi yang baikdan benar.

Semoga bermanfaat.
Karya : Muhammad Habib
( 8 desember 2018 ) 

Post a Comment

2 Comments

  1. Terima kasih cara dan tips dalam menulis puisinya.

    sukses selalu...

    ReplyDelete

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan".