Humor Sufi: Diminta Menyampaikan Pidato | Nasruddin Hoja

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيم

Humor Sufi: Diminta Menyampaikan Pidato | Nasruddin Hoja

Pada suatu hari pernah di kisahkan, orang-orang yang berasal dari kota mengundang Syekh Nasruddin untuk menyampaikan sebuah pidato. Sesampainya dia di mimbar, dia menemukan bahwa para penonton tidak terlalu antusias dengan apa yang disampaikan olehnya, kemudian dia pun langsung bertanya, "Apakah kalian semua tahu apa yang akan saya katakan?" kata Syekh Nasruddin.

Penonton kemudian langsung menjawab, "Tidak..", sehingga Syekh Nasruddin  mengumumkan "Saya sebenarnya tidak memiliki keinginan untuk berbicara dengan orang-orang yang bahkan tidak tahu tentang apa yang akan saya bicarakan." dan kemudian Syekh Nasruddin meninggalkan mimbar.

Orang-orang yang sedang menghadiri acara tersebut merasa malu dan memanggilnya kembali lagi untuk keesokan harinya. Kali ini ketika Syekh Nasruddin bertanya dengan pertanyaan yang sama, orang-orang  yang mendengar pun langsung menjawab "Ya" Lalu Syekh Nasruddin mengatakan, "Nah, karena kalian semua sudah tahu apa yang akan saya katakan, saya tidak perlu lagi membuang-buang lebih banyak waktu kalian" dan akhirnya Syekh Nasruddin meninggalkan mimbar.

Sekarang orang-orang semua benar-benar di buat bingung oleh Syekh Nasruddin. Dan mereka memutuskan untuk mencoba sekali lagi mengundang Syekh Nasruddin dalam acara minggu berikutnya. Seperti biasa Syekh Nasruddin bertanya pertanyaan yang sama, "Apakah kalian semua tahu apa yang akan saya katakan?" kata Syekh Nasruddin.

Sekarang para hadirin yang hadir setengah dari mereka menjawab "Ya", sementara separuh yang lainnya menjawab "Tidak".

Kemudian Syekh Nasruddin mengatakan, "Setengah dari kalian yang tahu apa yang akan saya katakan, maka dari itu beritahulah ke setengah lainnya yang belum tahu," jawab Syekh Nasruddin dan langsung meninggalkan mimbar.

*Humor Sufi 

Post a Comment

0 Comments