Biografi Imam Al-Haddad

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيمِ
https://www.muhammadhabibi.com/2019/01/biografi-imam-al-haddad.html

Beliau memiliki nama lengkap yaitu Al-Imam Al-‘Allamah Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dan beliau pun dilahirkan di Syubair di salah satu ujung kota Tarim di propinsi Hadramaut pada malam kamis tanggal 5 Safar tahun 1044 H. Beliau di besarkan di kota Tarim dan mengalami kebutaan sejak masa kecilnya, tetapi diganti oleh Allah SWT dengan penglihatan batin, beliau adalah orang yang rajin dan bersungguh-sungguh dalam mencari ilmuilmu yang bermanfaat.

Beliau menuntut ilmu pada ulama-ulama pada zamannya, diantara guru-guru beliau adalah: Sayyiduna Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Atas, Al-Habib Al-‘Alamah Agil bin Abdurrahman As-Segaf, Al-Habib Al-‘Alamah Abdurrahman bin Syeikh Aidid, Al-Habib Al-‘Alamah Sahl bin Ahmad Bahsin Al-Hudayli Ba’alawi, dan termasuk guru-guru beliau juga adalah Al-Imam Al-‘Allamah guru besar kota Mekkah Al-Mukarromah Al-Habib Muhammad bin Alwi As-Segaf.

Allah menjadikan beliau sebagai seorang da'i yang memberi petunjuk ke jalan Allah dengan hikmah dan kata kata yang baik, maka orang-orang pun banyak yang menyambut dakwah beliau dan dlkenallah nama beliau di berbagai kota sehingga tersebarlah manfaat ilmu beliau baik kalangan atas maupun kalangan bawah, dan tersebarlah dakwah beliau disetiap tempat dan orang-orang pun mendapat manfaat dengan wasiat-wasiat dan karya-karya beliau.

Beliau memiliki banyak murid di antara murid-murid beliau yang utama adalah putra beliau Sayyiduna Al-Habib Hasan bin Abdullah Al-Haddad, dan Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi, Al-Habib Abdurrahman bin Abdullah bil Faqih, dan Al-Habib Umar dan Habib Muhammad bin Zain bin Smith, Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Bar, Al-Habib Ali bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf, Al-Habib Muhammad bin Umar bin Thoha As-Shafi AsSegaf, dan masih banyak lagi murid-murid beliau.

Beliau memiliki berbagai macam karya tulis yang terkumpul didalamnya nasihat-nasihat dan mutiaramutiara hikmah yang tersebar luas serta banyak memberi manfaat bagi setiap orang yang mau membacanya.

Karya-karya beliau telah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing di masa ini seperti bahasa Inggris dan Perancis. Karya-karya tulis beliau sudah tidak asing lagi, baik itu bagi kalangan atas atau kalangan bawah, diantaranym Nashaihud Diniyah, Ad Da’watut Tammah, Risalatul Muawwanah, dan masih banyak lagi wasiat-wasiat, risalah dan kumpulan perkataan beliau: Tatsbitu Fund, Kumpulan qasidah beliau: Ad Durrul Mandlum Al Jami’Lil Hikam Wal ’wum.

Kebanyakan karya tulis beliau sudah dicetak dan mendapat sambutan besar dari berbagai kalangan, bahkan para ulama banyak menyukainya hingga mereka menjadikan buku-buku beliau sebagai buku pegangan mereka, mereka membacanya hampir dalam setiap waktu dan mereka mengatakan bahwa dalam karya-karya beliau tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari karya Al-Imam Hujjatul Islam Al-Ghazali yang mana seorang mukmin tidak dapat terlepas kebutuhannya dari karyakarya beliau.

Karya-karya beliau adalah suatu karya yang singkat padat dan Allah memberikan manfaat berkat sang penulis Al-Imamul Haddad. Beliau telah menunaikan ibadah haji dan mengunjungi Al-Haramain serta menziarahi kakek beliau Baginda Nabi Muhammad saw pada tahun 1079 H, beliau juga berjumpa dengan ulama kota Makkah dan Madinah yang sangat merindukan beliau dan benar-benar mengetahui kedudukan beliau serta memuji beliau.

Beliau selalu mengajak manusia ke jalan Allah dengan hikmah dan kata-kata yang baik hingga akhir hayatnya, beliau meninggal pada malam selasa tanggal 7 Dzulqo’dah pad tahun 1132 H. Imam Al-Haddad di makamkan di daerah pemakaman Zambal yang ada ada di kota Tarim. Semoga Allah senantiasa merahmati beliau dengan rahmat yang teramat luasnya dan meridhoinya serta memberi kita manfaat dan barokah beliau serta ilmu-ilmu beliau di dunia dan akhirat. Amin.

Dari berbagai sumber
Di tulis ulang oleh : Muhammad Habibi

Post a Comment

0 Comments